Perubahan fisik wanita hamil muda

Pada saat seorang perempuan tengah mengalami hamil muda, maka akan merasakan perubahan-perubahan yang bisa dirasakan dengan jelas oleh ibu hamil. Salah satu yang paling terasa adanya perubahan bahkan sejak minggu pertama masa hamil, yaitu adanya perubahan fisik. Perubahan fisik pada awal kehamilan biasanya masih dalam skala kecil.

Namun terkadang sebagian wanita masih belum mengetahui apa saja perubahan fisik wanita hamil muda, maka dari itu lebih baik seorang perempuan apalagi bagi mereka yang baru menikah dan sedang menunggu kehamilan, sebaiknya mempelajari dengan pengetahuan seputar kehamilan. Tujuannya agar bisa lebih memahami dan mempersiapkan diri saat masa kehamilan itu datang. Berikut merupakan beberapa perubahan fisik wanita hamil muda:

  1. Payudara semakin membengkak

Salah satu perubahan fisik wanita hamil muda yang umum terjadi, bahkan di masa awal kehamilan yaitu payudara semakin membengkak dan keras. Bahkan kamu akan mengalami rasa nyeri atau kesemutan di sekitar area payudara. Hal ini terjadi karena pada awal proses kehamilan, payudara seorang wanita akan lebih berisi karena akan mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Selain itu, biasanya organ tersebut lebih sensitive ketimbang biasanya.

  1. Tubuh semakin membengkak

Perubahan fisik wanita hamil muda yang umum terjadi yaitu adanya pembengkakan di bagian-bagian tertentu, seperti lengan yang semakin membengkak, paha semakin besar, bokong semakin membesar, dan yang pastinya perut yang akan semakin buncit. Maka dari itu hampir semua wanita hamil tubuhnya akan terlihat seperti mengalami pembengkakan.

  1. Naiknya suhu tubuh

Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma, maka suhu tubuh akan mengalami peningkatan naiknya suhu tubuh. kenaikan suhu tubuh akan berlangsung beberapa minggu setelah mengalami pembuahan.

  1. Perubahan pada kulit dan rambut

Salah satu perubahan fisik wanita hamil muda yaitu adanya perubahan pada kulit dan rambut. Pada saat seorang wanita hamil, mungkin akan mengalami masalah pada pertumbuhan rambut dan perubahan warna kulit. Pada saat hamil seorang perempuan akan merasa kulitnya menjadi lebih cerah, terutama di bagian wajah dan leher. Selain itu, pembuluh darah juga akan terlihat jelas di beberapa bagian tubuh. hal itu terjadi karena adanya pembuluh darah kecil yang pecah.

  1. Adanya bercak darah atau flek

Setelah mengalami pembuahan. Sekitar 8-10 hari setelah ovulasi maka biasanya akan muncul bercak darah atau flek. Flek tersebut terjadi karena implantasi atau proses menempelnya embrio pada dinding rahim. Bagi seorang perempuan yang belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil muda, biasanya bercak darah tersebut dianggap sebagai menstruasi. Apabila flek tersebut tidak dibarengi dengan munculnya darah yang lain maka bisa jadi itu merupakan flek kehamilan.

Itulah merupakan beberapa perubahan fisik wanita hamil muda yang biasa terjadi pada sebagian besar wanita.