Tanda Hamil Minggu Pertama Sebelum Haid

Bagi anda wanita tentu saja perlu mengetahui berbagai tanda awal kehamilan sebelum haid. Apalagi bagi anda pasangan muda yang baru menikah dan belum berpengalaman dalam menghadapi kehamilan. Umumnya telat haid ini memang sering dikatakan bahwa anda sedang hamil. Namun kebanyakan mengalami suatu siklus menstruasi yang tidak teratur. Sehingga wanita pun sedikit kesulitan dalam menghitung keterlambatan menstruasinya.

Oleh karena itu anda perlu mengetahui berbagai tanda kehamilan yang lainnya supaya deteksi dini kehamilan anda terbilang lebih akurat. Mendeteksi kehamilan sejak dini memang penting demi menghindarkan dari hal yang tidak diinginkan. Sebagai calon ibu anda harus menjaga kesehatan anda dan si janin supaya tetap dalam keadaan yang sehat. Jangan sampai anda membahayakan pertumbuhan janin yang masih ada dalam kandungan anda.

Sebagai pasangan yang telah menikah, datangnya kehamilan memang tidak bisa kita perkirakan. Ada pasangan yang langsung bisa hamil setelah menikah namun ada pula pasangan yang telah lama menikah namun belum juga dikaruniai momongan. Bagi anda yang ingin mengetahui secara cepat apakah anda hamil atau tidak. Inilah berbagai tanda hamil minggu pertama sebelum haid yang perlu anda ketahui. Di antaranya:

  • Merasakan mual dan muntah

Tanda awal kehamilan sebelum anda haid biasanya ditandai dengan mual dan juga muntah. Hal ini dikarenakan hormon estrogen yang ada dalam tubuh anda semakin meningkat saja sehingga asam lambung pun juga ikut meningkat. Rasa mual dan ingin muntah akan anda alami seiring dengan bertambahnya usia kehamilan anda. Biasanya rasa mual dan juga muntah ini akan anda alami setiap paginya.

  • Merasakan kram di perut

Tanda hamil minggu pertama sebelum haid yang terbilang cukup khas adalah rasa kram pada perut. Rasa kram ini bisa terjadi karena produksi hormon progesteron dalam tubuh berhenti setelah hadirnya plasenta. Bahkan bisa saja kram perut ini dikarenakan otot rahim semakin meregang akibat hadirnya si janin bayi.

  • Mengeluarkan bercak darah

Tanda awal kehamilan juga bisa disebabkan dengan hadirnya bercak darah yang berwarna merah muda. Bercak darah ini disebabkan oleh proses implantasi dari sel ovum yang mana sudah dibuahi oleh sel sperma sehingga mampu menempel pada dinding rahim. Bercak darah ini tentu saja masih menjadi hal yang wajar bagi wanita hamil.

  • Organ intim alami perubahan

Tanda awal kehamilan pada minggu pertama biasanya juga ditandai dengan adanya suatu perubahan pada bibir organ kewanitaan anda. Perubahan ini biasanya ditandai dengan warna bibir organ intim yang semula merah muda telah berubah menjadi lebih gelap. Bahkan saat awal kehamilan, biasanya ibu hamil juga akan mengeluarkan suatu cairan yang mirip dengan keputihan.

Itulah tadi berbagai tanda hamil minggu pertama sebelum haid yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai tanda tersebut, pastinya anda lebih bisa menjaga kesehatan tubuh anda dan si janin bayi yang ada dalam kandungan.